Medical Information System v16.x (Software Apotek dan Klinik)



Pada saat ini terbilang banyak klinik dan apotik di Indonesia yang belum memiliki sistem pencatatan yang baik atau semua masih dikerjakan secara manual yang menyita banyak waktu dan tenaga. Penerapan sistem komputerisasi dengan software pendukung secara operasional akan sangat membantu, terutama dalam hal akuntansi dan administrasi, seperti pencatatan stok, pembuatan dokumen transaksi, pengolahan data pasien, pemeriksaan medis dan sebagainya, sampai pada pembuatan laporan.

Mengapa belum beralih ke sistem komputerisasi? Pertimbangannya mungkin karena budget yang belum tersedia, SDM yang belum siap, masih merasa nyaman menggunakan sistem manual atau mungkin ada juga yang berniat untuk menerapkan komputerisasi namun masih ragu dengan software klinik dan apotik yang tersedia di pasaran. Banyak juga terjadi dimana mereka sudah mengeluarkan investasi yang besar untuk membeli software, namun ternyata sistem yang tersedia tidak sesuai kebutuhan atau bahkan terlalu banyak fitur yang tidak terpakai.

Atas dasar itulah kami menciptakan sebuah software yang dapat menjawab kebutuhan tersebut. Dalam mengembangkan software klinik dan apotik ini kami telah melakukan berbagai riset dan perbandingan di banyak klinik, apotik, laboratorium dan rumah sakit. Sehingga alur sistem, format dokumen dan laporan juga sudah dirancang standar sesuai aturan, jelas fungsinya dan fit dengan kebutuhan klinik anda.


Software ini kami namakan Medical Information System (MIS) yang memiliki fitur sangat lengkap dan praktis, serta fleksibel untuk diterapkan pada segala jenis layanan klinik, seperti klinik umum, laboratorium, klinik bersalin, klinik gigi, klinik kecantikan, dan sebagainya.

Berikut ini daftar lengkap fitur software MIS, diantaranya:
  • Transaksi: penjualan, pembelian, order pembelian (PO), arus kas non-produk (beban, modal, dividen, dll), mutasi dan koreksi stok (contoh: retur, hilang, rusak, salah input, dll).
  • Registrasi: rawat jalan, rawat inap, medical check up (MCU) dan pemeriksaan medis lainnya.
  • Data Master: item produk (barang/obat/alkes & jasa), setting komposisi obat racikan (termasuk pembentukan harga dari bahan racikan dan tuslag), item non-produk (contoh: biaya listrik, air, telepon, dll), account (untuk posting transaksi), pasien, dokter/staff medis, kamar, poli/UPK (Unit Pelayanan Kesehatan), daftar penyakit, pemeriksaan medis (item pemeriksaan dengan nilai rujukan), setting komposisi paket medical check-up, perusahaan member/asuransi, supplier, pegawai.
  • Dokumen Berjalan: kwitansi lunas, nota pembayaran/struk, faktur tagihan per transaksi & per pelanggan corporate/asuransi, faktur pajak, tanda terima tagihan, kwitansi sub payment & deposit.
  • Laporan Akuntansi dan Administrasi: arus kas, laba rugi, rekap transaksi, rekap penjualan kasir, penjualan apotik (internal & external), persediaan (stok awal/akhir, stok opname, stok warning & stok expired), piutang (per pasien & perusahaan), hutang, profit per produk, pajak, kontribusi dan fee untuk jasa pelayanan (seperti fee dokter/asisten/tenaga medis), jasa sarana dan alat, payroll (termasuk slip gaji).
  • Laporan Klinik dan Dokumen Medis: MCU per pasien, rekap MCU untuk perusahaan member/asuransi yang berisi data statistik kesehatan karyawan, riwayat medis pasien, kunjungan pasien per poli, daftar penyakit terbanyak, surat keterangan dokter, surat rujukan.
  • Sistem login multi-user dengan tingkatan security access yang berbeda-beda tiap user.
  • Sistem proteksi input untuk item obat dan tindakan yang diberikan ke pasien, dimana jika input tersebut diedit atau didelete oleh user lain maka akan ditolak selain user yang menginputnya.
  • Sistem dilengkapi fitur auto number/pengkodean secara otomatis untuk mempermudah penginputan baik data master maupun transaksi.
  • Support penggunaan barcode scanner sebagai opsi tambahan untuk penginputan dan pencarian data obat dan alkes.
  • Penggunaan barcode juga diterapkan pada kartu pasien dan laporan medis untuk mempercepat input dan pencarian data jika diperlukan. 
  • Terdapat fitur import dari file Excel untuk mempercepat penginputan data master.
  • Bisa di-install di beberapa komputer dengan sistem networking (LAN).
  • Software berbasis aplikasi desktop dan berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows segala versi.

Semua fitur tersebut terus kami kembangkan menjadi lebih baik dan semakin lengkap, serta source instalasi dan manual book akan kami update/upload ke website secara periodik. 

Software sudah teruji dan banyak digunakan oleh klinik yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Fitur software selalu up-to-date karena program terus dikembangkan, dilengkapi dan mengikuti permintaan pasar saat ini.
  • Instalasi software relatif sangat mudah karena tidak memerlukan tambahan instalasi software pendukung lainnya dan tidak memerlukan setting yang rumit.


Note: MIS dapat berjalan di sistem operasi Microsoft Windows, seperti Windows 2000/XP/7, dengan spesifikasi komputer minimal Pentium III/4.


Jika terjadi runtime error 75 pada saat menjalankan MIS di Windows 7 (terutama versi 64bit), berarti anda perlu melakukan setting Compatibility. Caranya klik kanan pada file MIS.exe di folder hasil instalasi dan lakukan setting sebagai berikut:
- Centang pada “Run this program in compatibility mode for” dan pilihlah Windows XP (Service Pack 3)
- Lalu centang juga pada “Run this program as an administrator”
- Klik OK
(Penjelasan ini terdapat pada Manual Book hal 69)

UPDATE JUNI 2016


Tag: software apotek, software klinik, software apotek dan klinik, download software apotek dan klinik, software apotek dan klinik gratis, software apotek dan klinik free, software apotek dan klinik crack, software apotek dan klinik keygen, software apotek dan klinik full, software apotek dan klinik license

No comments:

Post a Comment