Mist Software Service Centre v1.6.2 (Software Bengkel Mobil dan Motor)






Service Centre Versi 1.6 adalah Sebuah software Sistem Informasi Management (SIM) yang ditujukan untuk bisa mengelola manajemen bengkel dan dealer automotive. Dengan menambahkan Intelijensia Buatan kepada sistem, menjadikan software ini sangat cocok untuk mengelola setiap transaksi yang terjadi pada bengkel. Selain itu, software sudah bisa melakukan manajemen transaksi Biro Jasa, dan Distribusi Spare Part melalui Penjualan Konsinyasi
Database direncanakan dan telah melalui tahap analisa berulang untuk memastikan sistem bisa lebih terpadu, dinamis, memiliki keakuratan tinggi dan meminimalkan software error melalui berbagai macam teknik, baik pada database, dialog screen dan koneksi dikemas dan didesain dengan tujuan untuk kemudahan pemakaian, konfigurasi dan analisa data.
Software ini sudah mendukung interkoneksi Client-Server yang memungkinkan satu bagian dengan bagian lain terpadu dalam satu akses database. Dengan sistem tersebut, tentunya data tidak tercecer menjadi bagian-bagian yang menyulitkan Manager/Pengelola/Owner dalam melakukan pengecekan.
Dan untuk jaringan Sistem Interkoneksi jarak jauh (Berbeda gedung atau berbeda kota). Sevice Centre sudah terintegrasi untuk melakukan interkonesi SQL database dengan memanfaatkan media Web sebagai media penyimpanan data. Dalam hal ini, sistem administrator harus memiliki pengetahuan dalam teknik hosting dan koneksi database berbasis web.


Service Centre menggunakan database ganda, yaitu Microsoft Jet. 4.0 dan SQL, untuk komputer stand alone, Admin bisa menentukan type database mana yang akan dipilih, bisa Internal (dengan menggunkan Microsoft Jet 4.0 (Engine Database ini sudah terintegrasi bersama Microsoft Windows 98/ME/2000/NT/XP) atau menggunakan SQL (Type database ini memiliki kecepatan pemosesan data yang luar biasa dan untuk menggunakannya, Administator harus melakukan installasi Third Party / Software tambahan berupa php triad, mysql server 4.0, SQL server 2000, XAmp dsb. Pastikan juga Engine database pada service berjalan baik. Selanjutnya bisa dibaca pada Section Koneksi.
Sementara untuk konesi Client-Server Sistem Administrator harus memilih type database SQL dengan tujuan utama yaitu keamanan database.
Setiap aktifitas dicatat dalam Modul yang bernama BlackBox, tentunya fitur ini dibuat hanya untuk sistem Administrator dan Manager untuk memastikan tidak ada bentuk penyimpangan transaksi dan kalaupun ada, melalui modul ini bisa dicari kapan, siapa dan apa yang dilakukan oleh karyawannya, dalam hal ini Service Centre menyebutnya Operator.
Karena data yang masuk kedalam modul ini bisa dibilang cukup banyak, maka Service Centre akan menghapusnya secara otomatis data yang sudah 100 hari berada dalam modul, jadi pastikan melakukan pengecekan aktifitas operator sebelum waktu 3 bulan.
Manager/Administrator dimungkinkan untuk memantau setiap transaksi pada Menu log dan browse berupa Track record Pengeluaran Spare part pada waktu tertentu, Customer log, Kinerja Mekanik, dan setiap tansaksi yang dilakukan operator serta Mutasi perpindahan spare part dari satu bagian ke bagian lainnya.
Melalui utility backup / restore, manager/admin bisa melakukan analisa kapan saja dan dimana saja mengan menyimpan database yang ada ke dalam suatu file dan melakukan restore ke dalam komputer pribadinya.
Service Centre mampu melakukan konversi data kedalam berbagai bentuk doumen, baik itu doc, Excel, html dsb yang tentu saja data ini bisa diolah secara terpisah tanpa merubah inti dari database.
Untuk memudahkan Operator, Service centre menyediakan Pad khusus untuk mengingatkan operator dalam melakukan aktifitasnya, modul ini bernama "Note" atau "Catatan" yang secara terintegrasi juga disimpan kedalam database. Modul ini menyimpan 4 record. catatan
Berikut TOC dari fitur yang disediakan oleh service centre
A. Transaksi
·      Transaksi Penjualan Spare Part
·      Transaksi Service
·      Transaksi Pengeluaran Kas
·      Transaksi Pemasukan Kas
·      Piutang Transaksi
·      Transaksi Retur Customer
·      Transaksi Pembelian Spare Part Secara Tunai
·      Transaksi Pembelian Spare Part Secara Konsinyasi
·      Retur Pembelian Barang Tunai kepada distributor
·      Transaksi Pembayaran Konsinyasi
·      Transaksi Pembatalan Konsinyasi
·      Transaksi Penerimaan Order / Perintah Kerja
·      Transaksi Pengurusan Surat-Surat Kendaraan Bermotor
B. Log
·      Pengeluaran Spare Part
·      Log Consumer
·      Kinerja Mekanik
·      BlackBox (Modul Pencatat Aktifitas)
·      Log Retur
·      Log Pelanggan (Untuk pembelian Dealer)

C. Browse
Modul ini merupakan modul yang menampilan aktifitas tertentu beserta detailnya
berupa:
·      Data Spare Part
·      Pembelian
·      Mutasi Barang (Apabila bagian didalam bengkel lebih dari 1 bagian)
·      Perintah Kerja
·      Data Karyawan
·      Pelanggan (Untuk Dealer)
·      Unit Kendaraan (Untuk Dealer)
·      Penjualan Unit (Untuk Dealer)

D. Dokumen Output
Berikut dokumen yang dihasilkan oleh service centre pada aktifitas tertentu:
Nota Transaksi / Berita Acara dan Invoice
Setiap transaksi yang dilakukan memiliki dokumen outputnya masing-masing yang secara otomatis digenerate oleh sistem
Laporan dan Log
Hampir semua modul yang terintegrasi dalam Service Centre memiliki pelaporan sendiri- sendiri yang dapat dikonversi ke berbagai format data.
Detail Laporan
Teknik pelaporan secara terperinci juga diberikan oleh sistem sehingga anda dengan mudah bisa melakukan manajemen.
E. Mutasi
Prosedur ini digunakan apabila terdapat minimal 2 bagian dalam sistem yaitu CSO dan
Gudang, lebih lengkapnya 4 bagian, yaitu CSO, Gudang, Pengadaan dan Dealer CSO
·      Permintaan Spare Part / Barang (Berupa permintaan spare part kebagian Gudang atau dari bagian gudang ke bagian pengadaan)
·      Pengiriman spare Part / Barang (Berupa pengiriman Spare Part dari bagian Gudang atau dari bagian pengadaan ke bagian gudang atau dari bagian lain ke bagian gudang beupa retur customer atau barang cacat / tidak sesuai)
·              Penerimaan barang (Ke bagian gudang, barang yang diterima berupa Retut customer atau pengembalian barang dari bagian lain karena barang tidak sesuai / cacat)

F. Extra Feature
Member Care
Adalah sistem perawatan periodik bagi kendaraan member yang didaftarkan.
Melalui Modul ini tentu saja mekanik akan mengetahui dengan tepat bagian kendaraan mana yang harus mendapatan perhatian khusus
Auto Discount
Service Centre menyajikan program discount secara otomatis selama berada dalam periode waktu tertentu, baik itu discount khusus untuk member ataupun non member
Sistem Monitoring
Setiap aktifitas selalu dimonitor, dan menampilkannya ke dalam list peringatan, sehingga tentunya sistem ini akan sangat berguna dan membantu efektifitas operasional.
Portable DataBase
Sebuah terobosan baru yang tidak ditemukan pada software database lainnya, Service Centre dapat membuka External Database secara Read Only. Melalui teknik ini owner / manager bisa membuka DataBase pada komputer lain sehingga sangat membantu efektifitas pelaporan karena baik manager ataupun owner dapat melakukan browse data dan mendapatkan data otentik terhadap aktifitas usahanya.






Tag: software bengkel, bengkel mobil, bengkel motor, software bengkel crack, software bengkel full

No comments:

Post a Comment